Harga Sawit di Aceh Barat Naik Menjadi Rp 1.710 Per Kilogram


Banda Aceh – Harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Aceh Barat sejak Rabu siang mengalami kenaikan di angka Rp1.710 per kilogram setelah pada Selasa (22/9/2020) lalu berada di angka Rp1.660 per kilogram.

“Naiknya mulai hari ini, Rabu,” kata Administratur PT Karya Tanah Subur, Martuah Nasution di Meulaboh, Rabu.

Menurutnya, penyebab naiknya harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tersebut dipicu karena meningkatnya permintaan minyak kelapa sawit di dalam negeri.

Bahkan untuk kebutuhan luar negeri juga mengalami peningkatan permintaan sehingga berdampak terhadap harga jual minyak mentan kelapa sawit.

Martuah menjelaskan, kebutuhan minyak kelapa sawit di masa era kebiasaan baru terus mengalami peningkatan sejak Juli 2020 lalu, sehingga ikut berdampak terhadap kenaikan harga jual TBS.

Selain TBS kelapa sawit, harga jual minyak sawit mentah (crude palm oil/cpo) juga mengalami kenaikan harga jual di angka Rp10.000/liter dari sebelumnya berada diangka Rp9.000-an per liter.

Ia mengakui naiknya harga jual minyak kelapa sawit juga telah menyebabkan petani senang, karena hasil panen TBS kelapa sawit mampu menutupi biaya perawatan kebun, serta mampu menambah pendapatan masyarakat khususnya petani kelapa sawit di Aceh.(aceh.antaranews.com)