BPSDM Serahkan Beasiswa “Aceh Carong” untuk Warga Kurang Mampu, Yatim Piatu dan Anak Korban Konflik


Banda Aceh – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepas keberangkatan 30 penerima beasiswa Aceh Carong ke Politeknik Energi Mineral Akamigas Cepu, di Blora, Jawa Tengah.

Kepala BPSDM Aceh Syaridin menyampaikan mahasiswa penerima beasiswa ‘Aceh Carong’ yang berangkat adalah anak kurang mampu, yatim-piatu, dan korban konflik, di Restoran Anjong Mon Mata, Meuligoe Gubernur, Rabu (16/9/2020).

“Pandemi Covid-19 banyak anggaran yang terpangkas refocusing namun pemerintah Aceh tetap menyisihkan satu sumber beasiswa,” kata Syaridin.

Khusus Beasiswa Diploma Aceh Carong untuk Masyarakat Miskin yang diusul Pemerintah Kabupaten/Kota diberikan kepada 115 anak Aceh untuk melanjutkan kuliah di 9 lembaga pendidikan vokasi.

Pada tahun lalu, 20 mahasiswa sudah dikirim belajar ke Politeknik Akamigas Cepu, kampus yang bekerjasama dengan pemerintah Aceh. Sedangkan tahun ini kuota bertambah menjadi 30 mahasiswa.

Selain Akamigas Cepu, kampus yang bekerjasama dengan pemerintah Aceh adalah Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Pariwisata Banyuwangi, Politeknik Pertanian Jember, Politeknik Lhokseumawe, Politeknik Aceh, Politeknik Kesehatan Poltekkes Banda Aceh, Politeknik Venezuela.

“BPSDM juga sedang merintis kerja sama dengan Politeknik Perkapalan di Surabaya,” kata Syahridin.

Pemerintah menyerahkan beasiswa kepada 1.479 orang untuk berkuliah, 97 di antaranya akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. (red)