Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Jakarta – Sistem imunitas atau daya tahan tubuh dapat melindungi tubuh dari serangan kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan, ada beberapa cara untuk meningkatkan imunitas, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Yang pertama tentunya tadi sudah disampaikan, salah satunya adalah kualitas dari asupan makanan (bergizi). Itu hal yang penting,” kata Wiku dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB di Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Selain itu, terang dia, perlu istirahat yang cukup. Sebab, sel-sel memperbaiki diri kita saat beristirahat. “Maka dari itu, durasi tidur itu harus cukup. Misalnya, tujuh sampai delapan jam per hari. Itu dalam rangka untuk imunitasnya, akhirnya bisa dijaga dan ditingkatkan,” ujar dia.

Pastikan juga mengkonsumsi air yang cukup sekitar delapan sampai sepuluh gelas perhari agar terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, pastikan kita juga perlu keseimbangan. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga, sekitar 30 sampai 45 menit perhari. “Kalau bisa rutin setiap hari dan itu bisa dilakukan di rumah atau di halaman rumah,” terang dia.

Menurut dia, secara mental kita juga harus bahagia, karena semua kombinasi itu akan membuat tubuh menjadi optimal untuk memproduksi imunitas. Sehingga, kita menjadi tahan, apabila terserang oleh penyakit infeksi.

Terpenting adalah kita tidak boleh stress. Caranya, lakukan aktivitas yang menyenangkan di rumah. Aktivitas yang menjaga imunitas itu bisa dilakukan di rumah.

“Intinya, kalau nggak perlu keluar rumah, sebaiknya tidak. Di rumah saja, supaya kita tidak berpotensi untuk menulari ataupun tertular (Covid-19),” jelas dia.(Infopublik)