Masuki Masa Pensiun Sekda Aceh Tengah Kembalikan Aset Pemda


Aceh Tengah – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah, I, Jum’at (28/8/2020)kemarin resmi menanggalkan jabatan sebagai Sekda yang telah dijabatnya selama 5 tahun.

Sosok bersahaja kelahiran Takengon, 28 Juli 1962 yang mengawali karir sebagai Aparatur Sipil Negara selepas menamatkan pendidikan di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Banda Aceh tahun 1985 ini telah memasuki purna tugas pada usia 58 tahun.

Meniti karir sebagai Pegawai Negeri Sipil dari jenjang staf, Karimansyah yang pernah menjabat sebagai Camat, Sekretaris Dewan Perwakilan Kabupaten (DPRK) dan Asisten Pemerintahan ini, memuncaki karir sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah sejak 28 Agustus 2015 yang lalu.

Sejak kemarin, Karimansyah telah meninggalkan rumah dinas Sekda dan kembali ke kediaman pribadinya yang terbilang sederhana di Kampung Lot Kala, Kecamatan Kebayakan yang berada di pinggiran Danau Laut Tawar.

Dengan legowo, Karimansyah telah meyerahkan kembali aset daerah yang selama ini dia pergunakan untuk mendukung kegiatannya selaku Sekretaris Daerah kepada Kepala Bagian Umum Setdakab. Aceh Tengah, Marguh Iriansyah, SE, MM, termasuk mobil dinas yang selama ini dia pergunakan sebagai kendaraan operasionalnya.

Kemarin, tepat 5 tahun dirinya menjabat sebagai Sekretaris Daerah, dan sesuai dengan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014, jabatan Sekda berakhir setelah lima tahun.

“kebetulan saya juga sudah memasuki usia pensiun 58 tahun, dengan ikhlas jabatan ini saya kembalikan kepada Bapak Bupati dan saya akan menikmati masa pensiun saya bersama keluarga, untuk itu kemarin semua aset pemerintah daerah yang selama ini saya pergunakan, sudah saya kembalikan kepada pemerintah melalui Kepala Bagian umum Setdakab. Aceh Tengah” ungkap Karimansyah, ketika ditemui di kediamannya, Sabtu (29/8/2020).

Karimansyah juga tidak lupa menyampaikan permintaan maaf dan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

“Sebagai manusia biasa, tentu saya tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan, untuk itu dalam kesempatan ini saya memohon maaf kepada seluruh jajaran aparatur lingkup pemerintah daerah serta seluruh masyarakat kabupaten Aceh Tengah, saya juga menyampaikan rasa terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran tugas saya selama ini” lanjutnya.

Selama menjadi pejabat dalam berbagai posisi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah dikenal sebagai sosok yang jujur, disiplin dan sederhana.

Dia juga dikenal sangat ramah dan santun kepada siapa saja, sehingga tidak mengherankan jika dia bisa berteman dengan semua lapisan masyarakat. Karimansyah juga dikenal sebagai sosok yang sangat taat aturan, sehingga ketika masa jabatannya sebagai Sekda habis, dia tidak mau mepertahankannya lagi, meskipun ada peluang untuk diambah masa kerjanya dua tahun lagi.

“Tanggal 28 kemarin, masa jabatan saya sebagai Sekda sudah habis, sebagai konsekensinya, saya sudah meninggalkan jabatan tersebut, karena kalau tetap saya pertahankan, apa yang saya lakukan akan termasuk ilegal dan melanggar Undang Undang, sebagai seorang ASN saya harus taat dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku” sambungnya.

Ditanya tentang kesibukannya setelah pensiun, Karimansyah menjawab, akan kembali mengurus kebun kopinya yang selama ini kurang terawat akibat kesibukannya di pemerintahan. Dia juga mengatakan, sekarang dia sudah bisa kembali menyalurkan hobinya menjaring ikan di Danau Laut Tawar.

“Alhamdulillah, saya sudah bisa kembali mengurus kebun yang selama ini kurang terawat karena kesibukan saya, sya juga bisa kembali menyalurkan hobi saya menangkap ikan di danau kapan saja, karena sejak kecil saya memang sudah diajarkan oleh orang tua saya untuk bertani dan mudoran (menjaring ikan) di danau” katanya sembari tersenyum.

Sampai dengan berita ini diturunkan, belum ada informasi tentang siapa yang akan menggantikan posisi Karimansyah sebagai Sekda Kabupaten Aceh Tengah selanjutnya.(Infopublik)