15 Nama Calon Anggota KIA akan Diserahkan Gubernur ke DPRA


Banda Aceh – Sebanyak 15 nama Calon Anggota Komisi Informasi Aceh (KIA) periode 2020-2024, akan diserahkan kepada Gubernur Aceh. Nama-nama itu merupakan peserta yang dinyatakan lolos uji baca Al-Qur’an dan wawancara, yang dilaksanakan 25 – 26 Agustus 2020.

Wakil Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KIA, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si menyebutkan nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Gubernur Aceh, pada Jum’at (28/8/2020) mendatang.

Dijelaskannya, berdasarkan peraturan perundang-undangan nama-nama yang dapat diserahkan maksimal berjumlah 15 orang. Kemudian, Gubernur menyampaikan nama-nama itu kepada Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

“Paling lambat, hasil seleksi akan diserahkan kepada Gubernur pada 28 Agustus. Tanggal 1 September baru diserahkan ke DPRA,” ungkap Afrizal Tjoetra di Banda Aceh, Selasa (25/8/2020).

Lanjutnya lagi, 15 nama yang diserahkan itu nantinya akan mengikuti seleksi akhir yakni fit and proper test di Komisi I DPR Aceh. Setelah itu, akan ditetapkan nama-nama peserta dengan rangking 10 terbaik.

“Nanti terpilihlah 5 orang sebagai komisioner dan 5 orang lagi sebagai cadangan,” tutur Afrizal.

Disinggung terkait dengan beberapa LSM di Aceh yang tergabung dalam Pokja untuk Integritas rekrutmen Anggota KIA, dinilai Afrizal sangat membantu dalam melakukan tracking terkait rekam jejak peserta.

“Catatan dari masyarakat sipil itu sebagai bahan masukan. Kami akan menggali lagi kepada yang bersangkutan,” demikian pungkas Afrizal Tjoetra.[]