Kunjungan Aplikasi Telemedis Melonjak 600 Persen Saat Covid


Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat lonjakan kunjungan ke aplikasi telemedicine naik hingga 600 persen di kala pandemi Covid-19.

Menkominfo  Johnny G. Plate mengatakan telemedicine sebagai layanan kesehatan jarak jauh memungkinkan pasien dan tenaga kesehatan berdiskusi tanpa harus bertatap muka.

“Terjadi lonjakan kunjungan ke aplikasi telemedis sebesar 600% selama masa pandemi berdasarkan riset Katadata pada 2020,” kata Johnny dalam diskusi virtual, Sabtu (22/8) sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Dikatakan Johnny, tak sedikit masyarakat yang mulai menggunakan layanan telemedicine. Banyaknya masyarakat yang beralih disebabkan fungsi layanan telemedicine yang menawarkan layanan konsultasi medis secara online.

Menurutnya, kebiasaan baru di bidang kesehatan ini menjadi salah satu indikator kuat bahwa pandemi Covid-19 adalah katalis atau faktor yang mempercepat transformasi digital.

“Dengan cara ini, tidak sedikit masyarakat yang telah beralih ke layanan telemedis. Data menunjukkan bahwa 44 persen responden menyatakan bahwa mereka beralih dari konsultasi tatap muka ke konsultasi daring ini berdasarkan data McKinsey pada 2020,” katanya.