Camat Darul Imarah Lantik Tuha Peut Se-Kemukiman Ulee Susu


Jantho – Camat Kecamatan Darul Imarah kabupaten Aceh Besa melantik Tuha Peut pada tujuh Gampong dalam kemukiman Ulee Susu, kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut berlangsung di Meunasah Gampong Kuta Karang, Jumat (21/8/2020).

Camat Darul Imarah, Drs. Syarifuddin, usai pelatikan mengatakan, bahwa pelantikan ketua dan anggota Tuha Peut tersebut merupakan untuk masa jabatan 2020-2026, pelantikan dibuat sekaligus per kemukiman.

“Kami membuat pelantikan para Tuha Peut di Kecamatan Darul Imarah dilakukan per kemukiman, hal tersebut untuk menghindari keramaian yang berlebihan di suatu tempat, dan jumlah orang yang hadir juga dibatasi,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk kemukiman Ulee Susu di kecamatan Darul Imarah, kami laksanakan di Meunasah Gampong Kuta Karang, yang merupakan gampong yang berada di tengah-tengah, “Alhamdulillah berjalan sukses”.

Para Tuha Peut yang dilantik sebanyak tujuh gampong di kemukiman Ulee Susu, yakni Gampong Kuta Karang, Lampeuneuen, Leugeu, Lamsidaya, Payaroh, Lamtheun dan Deunong, terdiri dari para ketua, wakil dan anggota.

Kepada para Tuha Peut yang dilantik, Camat berpesan agar dapat memahami tugas pokok dan fungsi dari pada jabatan tuha peut itu sendiri, sehingga nantinya dalam menjalankan amanah tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Tuha Peut adalah mitra kerja dari pada Keuchik dalam mejalankan roda pemerintahan ditingkat gampong, bukan sebaliknya,” kata Syarifuddin.

Ditambahkan, peran Tuha Peut dalam gampong sangat menentukan, selain berfungsi dalam mengawasi manajemen pemerintahan gampong, juga dituntut untuk melahirkan qanun-qanug gampong dibergabai bidang, ekonomi, pendidikan, adat-istiadat dan budaya, serta hal-hal lain yang dianggap penting diatur.

Banyak hal yang menjadi tanggung jawab Tuha Peut kata Syarifuddin, antara lain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelesaikan sengketa yang timbuk di masyarakat, memberikan nasehat kepada aparatur gampong, mengayomi adat istiadat, dan berbagai hal lain sesuai dengan daerah masing-masing.

“Dengan pelantikan anggota Tuha Peut baru ini, semoga dapat dimulai dengan semangat baru untuk memberikan pengabdiannya kepada masyarakat serta dapat memberikan pelayanan yang lebih baik di masa mendatang,” ujar Lem Syarif.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Muspika Darul Imarah, para Keuchik dan Imam Gampong sekemukiman Ulee Susu dan Imum Mukim.

Sumber: atjehwacht