Parmusi dan Kemenag Aceh Bahas Pemberdayaan Ekonomi Umat


Banda Aceh -Pengurus Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) Provinsi Aceh melakukan kunjungan silaturrahmi ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, di Banda Aceh.

Kedatangan pengurus Parmusi disambut Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg dan Kabid Penaiszawa, Drs H Azhari di ruang rapat Kakanwil, Rabu (19/8/2020).

Dari pihak Parmusi Aceh dihadiri Ketua, Tgk Bahrum Rasyid dan pegurus, turut hadir Ketua Parmusi Sumatera Barat, Ali Amran Abbas.

“Selamat datang di tempat kami, alhamdulillah silaturrahmi dapat terus terjalin sesama kita dengan saling bertemu dan bertukar pendapat,” kata Iqbal.

Iqbal mengatakan pentingnya sinergi instansi pemerintah dengan ormas, seperti dalam usaha pemberdayaan ekonomi umat. “Ketika kita punya niat baik, apalagi untuk kepentingan masyarakat, insyaAllah Allah akan mempermudah,” kata Iqbal.

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi rakyat merupakan upaya pengerahan sumber daya untuk mengembangkan potensi ekonomi rakyat guna meningkatkan produktifitas rakyat, sehingga menumbuhkan kemandirian ekonomi rakyat.

“Tujuan dari pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk meningkatnya kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam, mesti kita gerakkan bersama-sama,” katanya.

Tgk Bahrum Rasyid mengatakan Parmusi merupakan salah satu wadah jalan dakwah.

“Khusus pemberdayaan ekonomi, di Aceh dapat kita mulai di Pesantren, kita punya ribuan santri, kedepannya kita harap kader-kader santri selain paham agama juga punya kemandirian ekonomi, program seperti mudahan menjadi prioritas bersama,” kata Tgk Bahrum.

Pengurus Parmusi juga mengucapkan selamat dan mendoakan Dr Iqbal yang diamanahkan sebagai Kakanwil Kemenag Aceh.

Sementara Azhari mengatakan peran Parmusi luar biasa.

“Khusus di daerah perbatasan, syiar dan dakwah yang telah dilakukan luar biasa, dengan semangat membangun agama, serta perekonomian umat, InsyaAllah melalui wakaf produktif juga bisa kita manfaatkan,” kata Azhari.[]

Sumber: atjehwacht