Dinkes Abdya Gelar Pelatihan Pengambilan Sampel Swab Tes Covid-19


Aceh Barat Daya – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar pelatihan metode dalam melakukan pengambilan swab tes covid-19 kepada tenaga medis atau tenaga kesehatan (Nakes) dalam kabupaten setempat, Jum’at (14/8/2020).

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung satu hari di Aula Rumah Sakit Umum Tgk. Peukan (RSUTP) Abdya.

Direktur RSUTP Abdya, dr Ismuha, S.pB saat dikonfirmasi wartawan media ini via telepon seluler, mengatakan kegiatan pelatihan pengambilan sampel swab tes covid-19 itu diikuti oleh 21 orang peserta yang berasal dari tenaga kesehatan / tenaga medis.

“Iya, tadi kita adakan pelatihan terhadap tenaga medis untuk dilatih dalam melakukan pengambilan swab tes covid-19,” sebut Ismuha.

Ia juga mengatakan kegiatan pelatihan itu difasilitasi oleh pihak RSUTP atas perintah Bupati Abdya Akmal Ibrahim, S.H pada beberapa hari yang lalu.

“Pak bupati memerintahkan kita untuk melatih tenaga medis dalam melakukan pengambilan sampel swab tes covid-19,” ujarnya.

Ismuha menuturkan, dari jumlah tenaga medis atau tenaga kesehatan yang dilatih berjumlah 21 orang itu, diantaranya 12 orang tenaga laboratorium atau analis dari RSUTP Abdya.

Sedangkan 9 orang lagi, tambahnya dari pihak Dinkes dan tenaga kesehatan di Puskesmas dalam Kabupaten Abdya.

“Pesertanya dari tenaga kesehatan, 12 orang tenaga laboratorium dan analis dari rumah sakit, serta 9 orang peserta lagi dari pihak Dinkes dan Puskesmas,” pungkasnya.

Reporter: Salman Syarif