Kemenlu RI Siap Kerjasama Pasarkan Produk KUKM Aceh ke 114 Negara


Banda Aceh – Sekretaris Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Rossi Verona menyatakan kesiapannya untuk berkerjasama memasarkan produk KUKM Aceh ke 114 negara.

Menurut Rossi, pihaknya siap berkerjasama dengan Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), untuk membuka akses pemasaran ke 114 negara yang memiliki akses kerjasama dengan Kemenlu RI.

Tapi Rossi memberi catatan khusus, agar pelaku usaha KUKM memaksimalkan market place di halaman acehsale.co.id milik Pemerintah Aceh. Hal ini dimaksudkan agar buyer dapat dengan mudah memperoleh informasi terhadap produk yang diinginkan.

“Situs yang ada untuk dimanfaatkan oleh pelaku usaha KUKM, agar saat pihak buyer luar negeri membutuhkan informasi produk dapat mengaksesnya,” kata Rossi dalam pameran virtual yang berlangsung di zoom meeting, Selasa (11/8/2020).

Pameran virtual ini menghadirkan Pelaksana Tuga (Plt) Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT., sebagai keynote speaker, yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Dr Wildan, M.Pd. Adapun moderator oleh Dr. Iskandarsyah Madjid.

Disampaikan Wildan, kegiatan pameran virtual ini diikuti 145 peserta yang terbagi atas 127 dari KUKM, sedangkan lainnya dari SKPA, Perbankan, BUMN, dan buyer berasal dari Jakarta, Kalimantan Selatan, Batam dan Surabaya.

Dari total peserta sebesar 127 KUKM terpilih 40 pelaku usaha mempresentasikan produk mereka yang dikelompokkan dalam 5 (lima) klaster, yaitu produk komoditi unggulan, kuliner, fashion, herbal kosmetik, dan kraft.

“Kegiatan ini merupakan ajang KUKM untuk mempromosikan produknya pada para investor, pembeli dalam dan luar negeri, mitra yang potensial baik dari SKPA terkait, BUMN maupun lembaga lainnya,” kata Wildan.

Diakhir paparannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh sangat mengapresiasi kepedulian Plt Gubernur dalam memberdayakan pelaku usaha KUKM di Aceh.

“Saya berharap KUKM untuk mempersiapkan produknya agar benar-benar layak ekspor dan juga memasukkan produknya dalam situs acehsale.co.id, yang diluncurkan April 2020,” pungkasnya.