Dinas Koperasi dan UKM Aceh Selenggarakan Pameran Produk Virtual


Banda Aceh – Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Aceh, menyelenggarakan pameran produk KUKM Aceh secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Pameran virtual produk UMKM Aceh ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari koperasi ke-73 dari hari UMKM ke-5 tahun 2020. Pamera dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting.

“Meski dilakukan secara virtual, pameran riilnya tetap akan ada,” kata moderator acara pameran virtual, Iskandarsyah Madjid.

Dalam acara tersebut, Iskandar mempersilahkan kepada para produsen untuk mempromosikan produknya serta memberikan nomor ponsel yang dapat dihubungi.

Produsen dan konsumen dapat bertransaksi melakukan pemesanan terhadap produk-produk peserta pameran virtual. Sementara, ada harga khusus yang diberikan kepada konsumen atau reseler selama acara berlangsung.

Disampaikan Iskandar, saat ini Pemerintah Aceh memiliki market place online di alamat https://www.acehsale.co.id/. Sudah banyak produk UMKM Aceh dari berbagai jenis dipasarkan disana.

“Bisa secara langsung setelah persentasi untuk (melakukan) transaksi, atau melalui chatroom yang ada atau melalui Aceh Sale,” ujarnya.

Acara tersebut turut diikuti Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri, Rossy Verona. Rossy menyatakan kesediaannya untuk menjembatani pemasaran produk asal Aceh ke luar negeri.

“Selama memenuhi standar tentu akan difasilitasi,” ujar Rossy singkat.

Selain itu, pameran virtual itu menghadirkan Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT., sebagai keynote speaker, yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Dr Wildan, M.Pd.