Segera Tiba, Mobil PCR Aceh dapat Uji Swab 1000 Sampel dalam Sehari


Banda Aceh – Pemerintah Aceh telah memesan dua unit mobil PCR (Polymerase Chain Reaction). Laboratorium mobile milik Pemprov Aceh ini akan segera tiba dalam waktu dekat.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan keberadaan laboratorium keliling ini nantinya akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pemeriksaan swab.

Dituturkan Iswanto, dengan beroperasinya mobil PCR ini nantinyaakan membuat pemeriksaan swab masyarakat menjadi lebih efesien dan memperoleh hasil dalam waktu singkat.

Pengadaan mobil ini juga merupakan instruksi langsung Plt Gubernur Aceh melalui Dinas Kesehatan Aceh, dalam upaya menangani tingginya kasus Covid-19 di Aceh.

“Mobil ini Insyaallah akan mampu melakukan uji swab hingga seribu sampel dalam satu hari,” ujar Iswanto di Banda Aceh, Minggu (9/8/2020).

Data Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah A Gani, hingga 8 Agustus 2020 pukul 19.00 WIB, akumulatif jumlah kasus Covid di Aceh mencapai 547 kasus.

Dirincikannya, dari total keseluruhan kasus positif itu, sebanyak 378 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan, 148 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 21 orang dilaporkan meninggal dunia.