Kreatif, Tiara Hasilkan Jutaan Rupiah dari Bisnis Lukisan


Banda Aceh – Kreatif, kata ini sangat tepat ditujukan untuk Tiara. Gadis berusia 20 tahun ini hasilkan jutaan rupiah per bulan dari bisnis mewarnai beragam karakter kartun yang sudah Ia lukis sebelumnya. Tiara membuka usahanya di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh.

Usaha yang dilakoni Tiara, sudah berjalan selama satu tahun. Dalam seminggu, Ia menjajakan usahanya hanya pada Sabtu dan Minggu saja. Dua hari berjualan, Ia dapat mengantongi Rp 800 ribu hingga Rp 1,2 juta.

“Kalau Sabtu, sore aja. Minggu biasanya kami dari pagi sampai sore. Mama sama adik biasanya ikut nemenin,” ujar Tiara dijumpai KitaNews.id, Minggu (9/8/2020) di lapangan Blangpadang.

Menariknya, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Joe Samalanga dan Elmi Sembiring ini ternyata merupakan mahasiswi semester V Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala, jurusan Ilmu Komunikasi.

Penuturan Tiara, Ia memang memiliki hobby melukis sejak dari kecil. Bakatnya itu kemudian Ia salurkan dalam memulai bisnisnya. Ide bisnis muncul, ketika ia melihat usaha serupa saat Ia berolahraga di lapangan yang berlokasi di pusat Kota Banda Aceh tersebut.

“Waktu itu kami lihat-lihat aja. Terus mama nyeletuk kenapa ga buka aja usaha gitu kak. Yaudah, minggu depannya Tiara langsung mulai,” tutur alumni SMAN 4 DKI Jakarta itu.

Ditengah rutinitasnya yang padat sebagai seorang mahasiswi, Tiara harus pandai-pandai memanfaatkan waktu luang untuk melukis. Lukisan itu Ia buat sendiri di atas sterofom berukuran 40 kali 30 centimeter. Dalam satu jam Ia dapat menghasilkan lukisan 15 – 20 lukisan.

Lukisan yang dibuatnya ternyata cukup diminati anak-anak, karena selain dapat bereksplorasi, lukisan yang sudah diwarnai tadi dapat dibawa pulang. Terkait harga juga sangat terjangkau. Tiara hanya membanderol harga Rp 20 ribu per lukisannya.

“Alat dan cat air kami yang sediakan. Tapi sejak Covid-19 ini, sempat terhenti beberapa bulan. Sekarang juga agak sedikit sepi. Penghasilannya juga berkurang sampai 30 persen,” pungkas Tiara.

One thought on “Kreatif, Tiara Hasilkan Jutaan Rupiah dari Bisnis Lukisan

Komentar ditutup.